CPU Menyala Namun Monitor Tidak Tersambung ? Ini Solusinya !!

Assalammualaikum wr. wb.

     Bertemu lagi dengan saya Admin dari "Enziie Gekhizakii" Semoga pada kesempatan kali ini Anda dalam keadaan Sehat Sentosa. Sekarang saya akan share Tips dan Trik Komputer yang mungkin saja bermanfaat bagi Anda semua, yaitu Solusi CPU Menyala Namun Monitor Tidak Tersambung. Semoga Tips dan Trik Komputer ini berguna bagi Anda semua. Tetapi sebelumnya ada baiknya saya jelaskan sedikit tentang Kerusakan PC.



Mengenai Kerusakan PC

     Hampir Semua pengguna PC mungkin pernah mengalami hal yang sedikit menjengkelkan namun harus di hadapi yaitu saat menyalakan komputer hanya cpunya saja yang menyala namun tidak tampil di monitor. Beranjak dari pengalaman, admin sendiri yang mengalami hal tersebut akan memberi sedikit cara pemecahan masalah yang mungkin anda hadapi juga.

Solusinya :

  • Periksa Kabel Listrik yang dipasangkan pa monitor dan CPU terpasang dengan baik dan pastikan arusnya telah di terima oleh monitor dengan tanda lampu power hidup.
  • Periksa kabel yang menghubungkan CPU kemonitor apakah itu kabel HDMI, DVI, atau lainnya, tersambung dengan benar tidak longgal atau putus, dan pastikan pin pada konektor dalam kondisi baik tidak bengkok atau kotor.

Pastikan Hardware dalam kondisi baik

     Apabila anda sudah melakukan pemeriksaan pada kabel dan ternyata semuannya  dalam keadaan baik dan masalah belum teratasi maka hal yang perlu di lakukan selanjutnya adalah pemeriksaan hardware komputer dalam keadaan prima.

Berikut Hal - Hal Yang Perlu Dilakukan Dalam Pemeriksaan Hardware :

  • Memang power supply masih menyala namun bukan berarti dia tidak rusak, kemungkinan kerusakannya adalah menurunnya kualitas tegangang pada setiap kabel yang menyuplay arus ke hardware, gunakan multi tester untuk memastikan arus yang dihasilkan adalah 5 dan 12 volt apabila arus tidak mencukupi berarti powersupply harus diganti.

  • Berikutnya cara tes bahwa prosesor masih bagus dengan cara buka headsing yang ada diatas prosesor nyalakan komputer tunggu beberapa saat dan coba menyentuh kan prosesor dengan tangan dan pastikan prosesor memiliki suhu panas yang menandakan prosesor masih berkerja dengan baik.
  • Berikutnya cara mengetahui RAM masih dalam keadaaan baik yaitu dengan menggunakan bantuann komputer lain dengan mencobakan RAM tersebut pada komputer lain pastikan jenis RAM yang digunakan sama. apabiala komputer yang dites tersebut tidak menyala sudah dapat dipastikan RAMnya rusak.
  • Apabila anda menggunakan VGA card tambahan maka untuk mengetahuinya dalam keadaan baik adalah dengan memasangkan pada komputer lain dan apabila menyala berarti masih dapat digunakan, pastikan apabila anda menggunakan VGA card tambahan jangan menyambungkan monitor ke CPU menggunakan VGA card onboard motherboard sebelum mencabut VGA card External dari PCI slot.
  • Bila VGA Cardnya masih dalam keadaan bagus tapi komputer anda tidak mau hidup, coba lakukan Clear Bios, dengan cara menjamper pin dari posisi Normal ke posisi Clear, setelah anda jumper ke posisi Clear, hidupkan komputer anda selama beberapa detik, kemudian matikan komputer anda dan cabut kabel power listrik dari CPU, kembalikan posisi jumper ke posisi Normal, sambung kembali kabel power ke CPU anda dan hidupkan komputer anda.
  • Apabila semua hal diatas telah dilakukan dan komputer masih tidak menyala periksa hardware lainya seperti CDROM, hardisc, ataupun hardware tambahan lainya copot semua hardware tersebut dan pasangkan hardware minimal dapat menyalakan komputer, dan pasang satu persatu untuk memastikan hardware tersebut dalam keadaan baik.
  • Semua hal diatas sudah di coba dapat di pastikan chipset dan motherboard komputer anda sudah rusak.

       Sekian pertemuan kita pada kali ini. Mudah-mudahan Tips dan trik Komputer yang saya bagikan ( Solusi CPU Menyala Namun Monitor Tidak Tersambung ) bermanfaat bagi Anda. Terimakasih sudah mampir ke Postingan saya pada kali ini. Mohon maaf atas segala kekurangannya. Sampai berjumpa kembali !! ^o^)~

Wassalammualaikum wr. wb.

Artikel Terkait

2 komentar:

Berkomentarlah dengan sopan maka saya akan membalasnya dengan cepat :)
Janganlah berkomentar dengan link hidup, kata kotor, spam, sara, dsb.
Terima kasih :)

 
- ©2013 - 2016 Yogi Irhandi Simamora V.3 -